fariz-tri.blogspot.com
Terima Kasih Atas Kunjunganya Jangan Lupa Tinggalkan Komentar

Saturday 15 August 2015

Cara Menjadikan HP / Tablet Android Sebagai Wifi Hotspot

Para pengguna SmartPhone / Tablet dengan platform Android dapat menjadikan gadgetnya sebagai hotspot wifi untuk saling berbagi koneksi jaringan internet. Karena platform Android menerapkan sistem layanan data umum dimana untuk koneksi internet juga terbuka untuk umum. Hal ini berbanding terbalik dengan BlackBerry atau Apple yang menerapkan tarif khusus untuk koneksi internetnya. Dengan platform Android paket layanan data unlimited dapat dibeli dengan beberapa puluh ribu rupiah untuk masa satu bulan, kita dapat memanfaatkan koneksi internet tanpa batas melalui gadget Android tersebut, baik untuk dimanfaatkan sendiri, ataupun dibagi-bagi (tethering). Berbicara mengenai sharing koneksi internet, dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai panduan cara menjadikan HP atau SmartPhone / Tablet Android anda sebagai hotspot Wifi. Jadi dalam hal ini, anda bisa membagikan koneksi internet hanya melalui HP / Tablet Android anda. Tentu syaratnya adalah SmartPhone / Tablet Android anda juga memiliki paket layanan data (paket pulsa internet), dan sebaiknya paket datanya unlimited, karena jika layanan data anda dengan menggunakan kuota, maka kuotanya akan cepat habis tersedot oleh pengguna koneksi internet dari jaringan hotspot wifi anda. Berikut cara menjadikan Android sebagai wifi menggunakan Samsung Galaxy Tab 2: 
1. Pergi ke pengaturan / setting 
2. Pilih Lagi











3. Pada bagian Nirkabel dan Jaringan, Klik Tethering dan portable hotspot
 











4. Pada Hotspot wifi portal Klik Off supaya jadi On
 










5. Akan ada pertanyaan konfirmasi, klik OK
 










 
6. Sekarang Samsung android sudah bisa dijadikan sebagai sumber wifi
 










Pada pengaturan awal wifi tersebut terlindungi oleh password. Untuk mengetahui maupun mengubah password dari pabrik, silakan ikuti langkah berikut 
1. Pada hotspot wifi portal, jangan langsung dirubah jadi On, tapi klik tulisannya
 












2. Klik menu pada pojok kanan atas
 










3. Pilih konfigurasi
 










4. Silakan atur kata sandi maupun nama jaringan sesuai keinginan
 









5. Simpan 
6. Hidupkan wifi dan mari ngenet. 

Sebagai tambahan, wifi ini selain bisa digunakan oleh laptop, juga bisa dipakai oleh android lain secara bersama-sama. Tentu saja semakin banyak yang menggunakan, semakin banyak paket data yang terpakai. Oleh karena itu selalu gunakan password.

0 comments:

Post a Comment